Tujuan Klimatologi

Pengertian klimatologi – Singkatnya Tujuan Klimatologi adalah mempelajari segala sesuatu mengenai interaksi antara meteorologi dan faktor-faktor hidrologi pada satu pihak dan pertanian pada pihak lain dalam arti luas. Tujuan Klimatologi yang pada hasil akhirnya dapat digunakan untuk kepentingan penentuan awal musim hujan dan musim kemarau pada suatu daerah tertentu.

Berbagai informasi klimatologi diperoleh dengan cara melaksanakan pengamatan secara terus menerus dan teratur, mengumpulkan dan menyebarkan data, pengolahan, dan pada akhirnya menganalisa untuk menentukan pengaruh-pengaruh dari cuaca dan iklim yang telah, sedang maupun untuk memprakirakan cuaca/iklim yang akan berlangsung pada suatu wilayah tertentu.

Pengertian klimatologi menurut Kendrow (1957) mengatakan “Klimatologi lebih menekankan pada deskripsi iklim regional“
Pengertian klimatologi Rumney (1968) mengatakan “Klimatologi adalah ilmu atmosfer”

Namun seiring perjalanan waktu, klimatologi dapat didefinisikan juga sebagai keterangan dan penjelasan mengenai peredaran cuaca dan unsur-unsur atmosfer dalam jangka pendek dan jangka panjang serta mempelajari penyebaran dari hasil proses-proses cuaca (misalnya penyebaran suhu udara, curah hujan dan sebagainya) baik harian, bulanan maupun tahunan.

loading...


Pencarian Tujuan Klimatologi