Pengertian Sejarah Bentuk Naratif

Pengertian Sejarah Bentuk Naratif – Sejarah sebagai bentuk naratif merupakan rekonstruksi dari suatu peristiwa yang dituliskan maupun diceritakan oleh seseorang. Sejarah sebagai bahan berbentuk naratif dapat berbentuk lisan dan tulisan.

Sejarah sebagai kisah dapat berupa naratif yang disusun berdasarkan memori, kesan, atau tafsiran manusia terhadap kejadian atau peristiwa yang terjadi pada waktu lampau. Sejarah sebagai kisah dapat diulang, ditulis oleh siapapun dan kapan saja. Untuk mewujudkan sejarah sebagai kisah diperlukan fakta-fakta yang diperoleh atau dirumuskan dari sumber sejarah. Tetapi tidak semua fakta sejarah dapat diangkat dan dikisahkan hanya peristiwa penting yang dapat dikisahkan.

Faktor yang harus diperhatikan dan mempengaruhi Sejarah Bentuk Naratif adalah

  • Kepentingan yang diperjuangkan: Faktor kepentingan dapat terlihat dalam cara seseorang menuliskan dan menceritakan kisah/peristiwa sejarah. Kepentingan tersebut dapat berupa kepentingan pribadi maupun kepentingan kelompok Contoh: Seorang pencerita biasanya akan lebih menonjolkan peranannya sendiri dalam suatu peristiwa. Misalnya, seorang pejuang akan menceritakan kehebatanya dalam menghadapai penjajah.
  • Kelompok sosial dimana dia berada: Dalam hal ini adalah lingkungan tempat ia bergaul, berhubungan dengan sesama pekerjaannya atau statusnya. Darimana asal pencerita sejarah tersebut juga mempengaruhi cara penulisan sejarah.Contoh: Seorang sejarawan akan menulis sejarah dengan menggunakan kaedah akademik ilmu sejarah sedang seorang wartawan akan menulis sejarah dengan bahasa wartawan.
  • Perbendaharaan pengetahuan yang dimilikinya: Pengetahuan dan latar belakang kemampuan ilmu yang dimiliki pencerita sejarah juga mempengaruhi kisah sejarah yang disampaikan. Hal tersebut dapat terlihat dari kelengkapan kisah yang akan disampaikan, gaya penyampaian, dan interpretasinya atas peristiwa sejarah yang akan dikisahkannya.
  • Kemampuan bahasa yang dimilikinya: Pengaruh kemampuan bahasa seorang penutur/pencerita sejarah sebagai kisah terlihat dari hasil rekonstruksi penuturan kisah sejarah. Hal ini akan sangat bergantung pada kemampuan bahasa si penutur kisah sejarah.

Pencarian Pengertian Sejarah Bentuk Naratif

gambar2 wali songo, kata nasyid berasal dari bahasa arab ansyahada yunsyidu artinya brainly co id
loading...

Pengertian Sejarah Bentuk Naratif | admin | 4.5