Pengertian Pranata Ekonomi

Pengertian Pranata Ekonomi, unsur unsur Pranata Ekonomi dan Contoh pranata ekonomi – Pengertian Pranata ekonomi adalah sistem norma atau kaidahyang mengatur tingkah laku individu dalam masyarakat guna memenuhi kebutuhan barang dan jasa.

Fungsi pranata ekonomi secara umum sebagai berikut:

  • mengatur konsumsi barang dan jasa
  • mengatur distribusi barang dan jasa
  • mengatur produksi barang dan jasa

Setiap pranata sosial mengandung aturan baik tertulis maupuntidak tertulis yang wajib ditaati oleh individu yang berkaitan dengan pranata tersebut. Misalnya dalam pranata ekonomi terdapat aturanmengenai pajak, jual-beli, kegiatan ekspor-impor, dan sebagainya.Oleh karena itu, jika orang yang berkecimpung dalam duniaperdagangan tidak menaati aturan tersebut bisa dikenai sanksi.

Contoh pranata ekonomi adalah pemenuhan terhadap kebutuahan material seperti bertani, industri, bank, koperasi dan sebagainya.

Pola pola politik Ekonomi :

Pengertian Sistim Feodalisme adalah seperangkat pranata politik dan ekonomi yang menempatkan pemilik tanah dan prajurit-prajurit utk menjaga keamanan, melindungi penduduk,harta benda dan hak pengguna tanah.(abad ke 20)

Pengertian Sistem Merkantilisme adalah system perekonomian dimana Negara bertanggung jawab untuk mengendalikan dan mengarahkan segenap kegiatan ekonomi trmsuk melarang masuknya seseorang yang memiliki mata pencaharian satu ke mata pencaharian lain.

Pengertian Sistem Kapitalisme adalah system yg memberikan kebebasan kepada pemilik modal utk mengembangkan usahanya dan mendapatkan keuntungan yg sebesar-besarnya (misal Amerika Serikat)

Pengertian Sistem Komunisme adalah paham yang dianut oleh masyarakat yang menempatkan partai tunggal/diktator sebagai wakil rakyat yg memerintah atas nama rakyat, seluruh kegiatan ekonomi dikuasai oleh Negara dan tidak ada peluang bagi rakyat untuk bersaing scr bebas. (misal: Korea Utara,Kuba)

Pengertian Sistem Sosialisme adalah system yg bertujuan merombak masyarakat kearah persamaan dan pembatasan hak milik pribadi untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat.(seluruh kekayaan kita dianggap sbg kekayaan Negara)

Secara umum dapat dikatakan bahwa fungsi pranata ekonomi adalah mengatur hubungan antarpelaku ekonomi dan meningkatkan produktifitas ekonomi semaksimum mungkin. Selain itu, pranata ekonomi berfungsi untuk mengatur distribusi dan pemakaian barang dan jasa yang diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia.

Unsur unsur Pranata Ekonomi

  • Pola perilaku: efisiensi, penghematan, professional dan mencari keuntungan
  • Budaya simbolis: merek dagang,hak paten,slogan dan lagu komersial
  • Budaya manfaat: toko, pabrik, pasar, blanko dan formulir
  • Kode spesialisasi: kontrak,lisensi, hak, monopoli, dan akte perusahaan
  • Idiologi: liberalisme, tanggung jawab, managerial, kebebasan berusaha dan hak buruh.

Secara Singkat Pranata Ekonomi memiliki pengertian : Pranata ekonomi adl seperangkat aturan yg mengatur ttg kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa sehingga terwujud kesejahteraan dan ketertiban masyarakat.

Unsur Utama dalam Pranata Ekonomi

  • Produksi
  • Distribusi
  • Konsumsi
loading...


Pencarian Pengertian Pranata Ekonomi

contoh ekonomi terapan, ekonomi deskriptif, contoh ekonomi deskriptif, ekonomi terapan, contoh kasus ekonomi yang dipelajari pada zaman dahulu, definisi ekonomi syariah, bidang bahasan ekonomi deskriptif, pengertian maritim, pengertian asumsi ekonomi, gambar pohon keputusan ekonomi, sebutkan prinsip prinsip ekonomi dalam islam, pengertian transformasi ekonomi, pengertian master plan, contoh tantangan gereja, pengertian ekonomi deskriptif, manfaat ekonomi manajerial bagi pelaku ekonomi dan contohnya, kliping ekonomi pelajaran ips, konsep rehabilitasi ekonomi, pengertian ekonomi terapan, contoh sistem ekonomi campuran