Pengertian Kata Kerja Material dan Kata Kerja Relasional

Berikut perbedaan antara kata kerja material dengan kata kerja relasional

Pengertian Kata kerja material adalah kata kerja (verba) yang menunjukan aktifitas fisik yang dapat dilihat secara nyata. Contoh kata kerja material adalah: menari, membaca, dan menulis.

Struktur kalimat dari verba material adalah: Subjek (aktor) + Verba Material + Objek (sasaran).

Contoh Kata Kerja Material:

Ibu memasak nasi

Kata Ibu sebagai subjek (aktor), memasak sebagai verba materialnya, dan nasi adalah sebagai objek (sasaran).

 

Pengertian Kata Kerja Relasional adalah lebih menekankan pada verba atau kata kerja yang berfungsi sebagai penghubung antara subjek dan pelengkap. Kalimat yang mengandung verba relasional harus memiliki pelengkap, jika tidak maka kalimatnya akan terlihat rancu.

Struktur kalimat dari verba relasional adalah: Subjek + Verba relasional + pelengkap

Contoh Kata Kerja Relasional :

Kakak merupakan anak tertua

Kakak sebagai objek, merupakan sebagai verba relasional, dan anak tertua merupakan pelengkap yang harus ada.

Secara singkat dapat dipahami bahwa kata kerja material itu kata yang menunjukkan subjek melakukan sesuatu. Sedangkan kata kerja relasional itu kata yang menunjukan hubungan sebab akibat.

loading...


Pencarian Pengertian Kata Kerja Material dan Kata Kerja Relasional

pengertian verba material, verba persepsi, contoh kata kerja material, pronomina dan adjektiva, pengertian konsep verba material, DEVENISI KATA VERBAL MATERIAL, contoh-contoh aksioma, contoh pemasaran tradisional dan relasional, arti verba material, Bahasa indonesia Contoh verba material, contoh verba material, verba material, contoh kata verba persepsi, konsep verba material, kata kata yang tergolong verba persepsi, jelaskan landasan material dan formal pancasila, cotoh PEMASARAN JASA DAN PEMASARAN RELASIONAL, arti dari verba material