Pengertian Interaksi Global dan Pengaruhnya

Pengertian Interaksi Global adalah hubungan yang saling terkait antara bangsa dan manusia melalui informasi, perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk interaksi lainnya, dan interaksi negara yang satu dengan lainnya hampir tidak memiliki batas.

Faktor penyebab utama adanya interaksi antar negara adalah dikarenakan adanya perbedaan dan persamaan yang dimiliki antarnegara sehingga dapat mendorong terbentuknya kerja sama yang saling membutuhkan dan menguntungkan.

Pengertian Interaksi Global dilihat dari Perspektif Sosiologi

Adalah merupakan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya yang memiliki pandangan terhadap suatu masalah baik dari isi kepentingan dunia atau internasional

Contoh Interaksi Global dilihat dari Perspektif Sosiologi

  • Indonesia kembali menjadi anggota PBB pada tahun 1966, karena sejak keluar dari PBB, Indonesia praktis terkucil dari pergaulan internasional. Kenyamanan dan kebersamaan hidup dengan bangsa lain tidak dapat dirasakan lagi. Begitu pula pembangunan negara menjadi terhambat sehingga berakibat pada kesengsaraan rakyat.
  • Kerjasama Bilateral antara Indonesia dengan Jepang, walaupun sempat menjadi negara jajahan Jepang, seiring berjalannya waktu Indonesia dan Jepang menemukan titik damai dan menjalin kerjasama bilateral demi menjaga hubungan diplomatik yang baik. Indonesia membutuhkan Jepang dan sebaliknya Jepang pun membutuhkan Indonesia.

Pengaruh Interaksi Global terhadap Budaya Nasional

Dapat mengancam jati diri bangsa karena masuknya unsur-unsur budaya luar yang bertentangan dengan budaya nasional, di era globalisasi setiap bangsa bebas keluar masuk memberikan pengaruhnya kepada bangsa lain, maka dengan ketidaksiapan menerima globalisasi akan menciptakan perubahan dalam masyarakat.

Dampak Negatif Interaksi Global terhadap Budaya Nasional

  • Kesenjangan Budaya atau Cultural Lag adalah suatu kondisi dimana terjadi kesenjangan antara berbagai bagian dalam suatu kebudayaan. Contoh kesenjangan budaya adalah perkembangan teknologi internet.
  • Gegar Budaya Cultur Shock adalah merupakan istilah psikologis untuk menggambarkan keadaan perasaan seseorang menghadapi kondisi lingkungan sosial dan budaya yang berbeda-beda.

Dampak Positif Interaksi Global terhadap Budaya Nasional

  • Dapat mempelajari kebiasaan, pola pikir dan perilaku bangsa bangsa yang maju sehingga mampu mendorong kita untuk lebih baik lagi dan maju seperti mereka.
  • Adanya kemudahan untuk memperlihatkan dan memperkenalkan kebudayaan negeri kita sendiri ke luar negeri.
  • Terjadinya akulturasi budaya yg mungkin bisa menciptakan kebudayaan baru yg unik.

Pencarian Pengertian Interaksi Global dan Pengaruhnya

pengertian interaksi antar ruang, ciri ciri negara singapura berdasarkan interaksi antar ruang, contoh makalah ruang dan interaksi antar ruang, apa dampak interaksi antar ruang di singapura, INTERAKSI ANTARRUANG SINGAPURA, interaksi antar ruang singapura, interaksi antar ruang singap, https://yandex ru/clck/jsredir?from=yandex ru;search;web;;&text=&etext=1833 L_sMrrfL7qZh5I5TWJIrLfbWjApE-hyp8mqYbY8v_hzeb3ZAJhV9Gtgk1P-dSuiP 8c9ad52ff2721f8366517d8004b5967fe42cd7ee&uuid=&state=_BLhILn4SxNIvvL0W45KSic66uCIg23qh8iRG98qeIXme, dampak interaksi antar ruang di singapura, contoh interaksi antar ruang antara petani garam dan petani tahu
loading...

Pengertian Interaksi Global dan Pengaruhnya | myusername | 4.5