Pengertian Cuaca dan Iklim

Pengertian Cuaca dan Iklim – Berikut ini artikel Pengertian Cuaca dan Pengertian Iklim,  Unsur Unsur Cuaca,  alat cuaca dan iklim gambar dan pengertiannya

A. Pengertian Cuaca

Cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit dan pada jangka waktu yang singkat. Cuaca itu terbentuk dari gabungan unsur cuaca dan jangka waktu cuaca bisa hanya beberapa jam saja. Ilmu yang mempelajari cuaca disebut meteorologi.

B. Pengertiaan Iklim

Iklim adalah keadaan rata-rata dari cuaca di suatu wilayah yang luas dan diperhitungkan dalam jangka waktu yang lama,antara 30 – 100 tahun.Factor-faktor yang mempengaruhi keadaan iklim antara lain suhu, kelembaban, curah hujan, angun dan penyinaran matahari.Ilmu yang mempelajari iklim adalah klimatologi.

Sedangkan iklim didefinisikan sebagai berikut :

  • Sintesis kejadian cuaca selama kurun waktu yang panjang, yang secara statistik cukup dapat dipakai untuk menunjukkan nilai statistik yang berbeda dengan keadaan pada setiap saatnya (World Climate Conference, 1979)
  • Konsep abstrak yang menyatakan kebiasaan cuaca dan unsur-unsur atmosfer disuatu daerah selama kurun waktu yang panjang (Glenn T. Trewartha, 1980)
  • Peluang statistik berbagai keadaan atmosfer, antara lain suhu, tekanan, angin kelembaban, yang terjadi disuatu daerah selama kurun waktu yang panjang (Gibbs,1987)

Cuaca dan iklim merupakan dua kondisi yang hampir sama tetapi berbeda pengertian khususnya terhadap kurun waktu. Cuaca merupakan bentuk awal yang dihubungkan dengan penafsiran dan pengertian akan kondisi fisik udara sesaat pada suatu lokasi dan suatu waktu, sedangkan iklim merupakan kondisi lanjutan dan merupakan kumpulan dari kondisi cuaca yang kemudian disusun dan dihitung dalam bentuk rata-rata kondisi cuaca dalam kurun waktu tertentu

C. Unsur-Unsur Cuaca

Ada beberapa unsur yang mempengaruhi cuaca dan iklim, yaitu

1. Suhu Udara

Suhu udara adalah keadaan panas atau dinginnya udara. Alat untuk mengukur suhu udara atau derajat panas disebut thermometer. Biasanya pengukuran dinyatakan dalam skala Celcius (C), Reamur (R), dan Fahrenheit (F). Berdasarkan hasil pengukuran suhu udara yang disajikan oleh intansi ,keadaan udara di Indonesia eapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. temperatur udara harian dipantai cukup tinggi.
  2. Amplitudo harian relatif kecil (selisih temperatur udara tinggi dan terendah dalam waktu satu hari ).
  3. Amplitudo harian relatif kecil

2. Tekanan udara

Besarnya tekanan udara dapat diukur dengan barometer .Barometer air raksa suikar dibawa kemana – mana dibandingkan dengan barometer aneroid .Berdasarkan kenyataan diatas ,barometer dapat dipakai untuk mengukur tinggi tampat diatas permukaan laut.Barometer aneroid yang digunakan untuk mengukur tinggi tempat.

3.Kelembahan Udara

Kelembahan udara adalah banyaknya kandungan uap air yang terdapat si udara .Kelembaban udara dapat diukur dengan higrometer.
Kelembaban nisbi adalah bilangan dalam persentase yang menunjukan perbandingan antara uap air yang ada dalam udara dan jumlah uap air setinggi – tingginya yang dapat di tampung oleh udara itu..
Ada tiga macam kelembaban udara:

  1. Kelembaban udara absolut, ialah banyaknya uap air yang terdapat di udara pada suatu tempat. Dinyatakan dengan banyaknya gram uap air dalam 1 m³ udara.
  2. Kelembaban udara relatif, ialah perbandingan jumlah uap air dalam udara dengan jumlah maksimum uap air yang dapat dikandung udara pada temperatur yang dinyatakan dengan persen.
  3. Kelembaban spesifik adalah berat uap air per satuan berat udara (termasuk berat uap airnya )yang umumnya dinyatakan dalam gram air per kilogram udara.

4. Angin

Menurut Hukum Buys Ballot,angin adalah udara yang bergerak dari daerah bertekanan udara maksimum kedaerah bertekanan udara minimum.

5. Penyinaran Matahari

Penyinaran matahari adalah penerimaan energi matahari oleh permukaan bumi dalam bentuk sinar – sinar gelombang pendek yang menerobos atmosfer, Banyaknya panas matahari yang diterima dipengaruhi oleh :
Besarnya sudut datang sinar matahari .
Lama penyinaran matahari .
Jenis tanah atau benda yang disinari oleh matahari .
Keadaan awan pada waktu penyinaraan

6.Curah Hujan

Curah hujan yaitu jumlah air hujan yang turun pada suatu daerah dalam waktu tertentu. Alat untuk mengukur banyaknya curah hujan disebut Rain gauge. Curah hujan diukur dalam harian, bulanan, dan tahunan. Hujan ialah peristiwa sampainya air dalam bentuk cair maupun padat yang dicurahkan dari atmosfer ke permukaan bumi. Garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai curah hujan yang sama disebut Isohyet.
Klasifikasi hujan .Alat pengukur hujan adalah ombrometer.

D. Alat Pengukur Cuaca / Iklim dan Cara Kerjanya

Ada beberapa alat untuk mengukur cuaca – alat cuaca dan iklim gambar dan pengertiannya yaitu sbb:

  • Termometer Dinding
  • Termometer Maksimum – Minimum
  • Termometer Bola Basah – Bola Kering.
  • Barometer Aneroid
  • Altimeter
  • Anometer
  • Higrometer
  • Ombrometer
  • Ph Meter
  • Alat Bantu PenunjukArah Angin

E.Manfaat Iklim dan Cuaca dalam Kehidupan

Ada beberapa manfaat iklim dan cuaca yaitu :

  • Manfaat iklim dan cuaca di bidang partanian
  • Manfaat iklim dan cuaca di bidang teknologi
  • Manfaat iklim dan cuaca di bidang pariwisata


Pencarian Pengertian Cuaca dan Iklim

FOLIO GEOGRAFI pencemaran udara TINGKATAN 1, tes psikotes induktif, ceramah tentang sholat 5 waktu, kodefikasi peta curah hujan, modifikasi unsur iklim atau cuaca, manfaat intelegensi, materi ipa tentang cuaca, Pencemaran air folio geografi form 1, pengertian anomali cuaca, pengertian cuaca, pengertian iklim, maksud kerja purna waktu, MAKALAH TENTANG DEPOT AIR, macam2 jenis hujan, macam macam keadaan cuaca, jenis jenis keadaan laut, Jelaskan beberapa indikator pembentukan iklim organisasi, gambar unyu bergerak, youtube com/ iklim khatulistiwa, energi alternatif dari udara air tanah