Mutual Akulturasi

Mutual Akulturasi – Berikut ini adalah sekilas tentang apa itu mutual akulturasi, penyebab munculnya, serta ciri ciri mutual akulturasi

Pengertian Akulturasi Budaya adalah proses pencampuran atau perpaduan dua unsur kebudayaan yang saling berpengengaruh mempengaruhi sehingga memunculkan kebudayaan baru dengan tidak menghilangkan unsur – unsur kebudayaan aslinya.

Ini merupakan suatu sikap keterbukaan terhadap kebudayaan luar. Mutual akulturasi ini diawali dengan interseksi yang berjalan secara terus-menerus sehingga menimbulkan rasa saling menyukai kebudayaan lain dan secara sadar atau tidak mengikuti kebudayaan tersebut. Mutual akulturasi merupakan tahap awal terjadinya integrasi sosial.

Jika suatu kelompok masyarakat dengan tipe kebudayaan tertentu memiliki sikap terbuka dengan kebudayaan lain, maka akan terjadi mutual akulturasi. Suatu mutual akulturasi didahului oleh interseksi yang berjalan terus-menerus sehingga menimbulkan rasa saling menyukai kebudayaan lainnya dan secara sadar atau tidak, individu-individu masyarakat tersebut akan mengikuti dan menggunakan perwujudan kebudayaan lain tadi.

Misalnya, makanan dari beberapa etnis diminati dan disukai oleh kelomok masyarakat lainnya.

Munculnya Mutual Akulturasi adalah sebuah mutualisme ( kerjasama yang saling menguntungkan antar dua unsur kebudayaan ) . Hal ini disebabkan karena :

  • Munculnya sikap terbuka kebudayaan yang dipengaruhi,
  • Adanya rasa kecocokan yang dirasakan oleh kelompok masyarakat terhadap masuknya nilai – nilai kebudayaan baru sehingga timbul rasa menyukai.

Pencarian Mutual Akulturasi

pengertian mutual akulturasi, ciri mutual akulturasi, mutual akulturasi, proses mutual akulturasi, pengertian mutual akluturasi, contoh mutual akulturasi, pengertian mutual akulturasi dan contohnya, mutual akulturasi dalam sosiologi, mutual akulturasi adalah, apa itu mutual akulturasi
loading...

Mutual Akulturasi | admin | 4.5