Hubungan Sosial Asosiatif

Contoh Hubungan Sosial Asosiatif – Pengertian Hubungan sosial asosiatif adalah merupakan bentuk hubungan yang bersifat positif yang berarti hubungan ini dapat mempererat atau memperkuat jalinan atau solidaritas kelompok.

Menurut Soejono Soekanto, dalam hubungan antara manusia satu dengan manusia lainnya, yang paling penting adalah reaksi uang timbul sebagai akibat hubungan sosial. Reaksi tersebutlah yang menyebabkan tindakan seseorang menjadi bertambah luas. Dalam memberikan reaksi tersebut ada kecenderuang manusia untuk memberikan eserasian dengan tindakan-tindakan orang lain. Hal ini terjadi karena sejak manusia dilahirkan sudah mempunyai 2 hasrat utama, yaitu:

  1. Hasrat untuk menjadi satu dengan manusia lain disekelilingnya
  2. Hasrat untuk menjadi satu dengan suasana alam sekitar.

Ada 2 macam macam hubungan sosial yang terjadi di masyarakat, yaitu

1. Hubungan individu dengan kelompok dalam masyarakat

Hubungan individu dengan masyarakat pada hakekatnya merupakan hubungan fungsional, artinya hubungan antar individu dalam suatu kolekyiva merupakan kesatuan yang terbuka dan keterguntungan antara satu dengan lainnya. Alasan utama terjadinya kondisi ini adalah bahwa individu dalam hidupnya senantiasa menghubungkan dan kepuasaannya pada orang lain.

2. Hubungan antar kelompok dalam masyarakat( intergroup relations)
yaitu hubungan antar dua kelompok atau lebih yang mempunyai ciri

Contoh Hubungan Sosial Asosiatif

Hubungan Cina-Indonesia Semakin Erat – Perdana Menteri Cina, Wen Jiabao, dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia akhir bulan ini. Kunjungan beliau diharapkan dapat semakin mempererat hubungan bilateral antara kedua negara.

Sebelumnya, Ketua DPR Indonesia Marzuki Alie dan tokoh politik Cina Wu Bangguo juga melakukan pertemuan di Beijing pada tanggal 20 April 2011. Kedua tokoh tersebut juga sepakat untuk melakukan hubungan yang lebih erat di antara kedua negara.

Melihat adanya kemajuan pesat yang terjadi di dalam kerja sama Cina-Indonesia, Marzuki pun mengajukan proposal untuk melakukan kerja sama yang lebih erat di bidang infrastruktur, bahan bangunan, dan produk-produk elektronik.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, juga mengunjungi Cina akhir pekan ini (Jumat, 22/4). Dalam wawancara beliau dengan CCTV News, beliau mengungkapkan niat baik Indonesia untuk mempererat hubungan dengan Cina di segala bidang.

Beliau juga menjelaskan, kerja sama Indonesia dan Cina dalam bidang perdagangan telah menguntungkan kedua belah pihak.

Hubungan bilateral Cina-Indonesia mencapai puncaknya di tahun 2010. Di bulan Juni 2010, Presiden Cina Hu Jintao dan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan bilateral di sepanjang pertemuan G20 di Toronto, Kanada.

Kedua tokoh tersebut sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan ekonomi dan melakukan koordinasi lebih jauh dalam urusan regional dan internasional.

loading...


Pencarian Hubungan Sosial Asosiatif

penegrtian hubungan semenda, apa itu hubungan, pengertian hubungan assosiatif help, karakteristik tokoh sulaiman, hubungan asosiatif, definisi memper erat, contoh judul asosiatif, contoh hubungan internasional yang bersifat multilateral universal, contoh disosiatif dan isosiatif, arti hubungan personal, apakah hubungan antar peran pelau ekonomi, apakah hubungan antar pelaku ekonomi, tuliskan 4 hubungan kekeluargaan