Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

Lima 5 Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol menyebutkan yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, lima fungsi tersebut telah diringkas menjadi 4 Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol yaitu

Planning atau perencanaan

merupakan pemilihan atau penetapan tujuan-tujuan organisasi dan penentuan strategi kebijaksanaan proyek program prosedur metode sistem anggaran dan standar yg dibutuhkan utk mencapai tujuan.

Organizing atau pengorganisasian

  • Penentuan sumber daya-sumber daya dan kegiatan-kegiatan yg dibutuhkan utk mencapai tujuan organisasi.
  • Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yg akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan.
  • Penugasan tanggung jawab tertentu
  • Pendelegasian wewenang yg diperlukan kepada individu-individu utk melaksanakan tugasnya.

Staffing

Staffing atau penyusunan personalia adl penarikan (recruitment) latihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yg menguntungkan dan produktif.

Leading atau fungsi pengarahan

adalah bagaimana membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yg diinginkan dan harus mereka lakukan.

Controlling atau pengawasan

adalah penemuan dan penerapan cara dan alat utk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dgn yg telah ditetapkan.

Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan organisasi secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu.

Melalui perencanaan sebuah organisasi, tak terkecuali organisasi pendidikan, setiap orang mempunyai tanggung jawab dan wewenang serta hak dan kewajiban, sesuai dengan kedudukan dan fungsinya masing-masing. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan organisasi.

Ini dilakukan dengan mengkaji kekuatan dan kelemahan organisasi, menentukan kesempatan dan ancaman, menentukan strategi, kebijakan, taktik dan program.Itulah kenapa perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.

Berbagai batasan tentang planning dari yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit, banyak diulas oleh para praktisi maupun akademisi. Misalnya yang sederhana saja merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.

Pembatasan yang terakhir merumuskan perencanaan merupakan penetapan jawaban terhadap permasalahan-permasalahan antara lain:

  • Tindakan apa yang harus dikerjakan
  • Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan
  • Dimanakah tindakan itu harus dikerjakan
  • Kapankah tindakan itu harus dikerjakan
  • Siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu
  • Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu
loading...


Pencarian Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

fungsi manajemen menurut henry fayol, fungsi manjemen menurut hendri fayol, pengertian manajemen menurut henry fayol, ahli hendry payol fungsi manajemen, fungsi manajemen menurut henri fayol, fungsi fayol, fungsi manajemen menurut fayol, strategi kewira usahaan, pengertian penetapan judul, pengertian manajemen menurut hendry fayol, penetapan judul, henry fayol fungsi manajemen, fungsi managemen (henry fayol), fungsi manajemen menurut henry payol, teori tujuan negara paling relevan diindonesia