Contoh Kelompok Sosial Berdasarkan Keturunan

Contoh Kelompok Sosial Berdasarkan Keturunan – Kelompok Sosial adalah satu kesatuan sosial yang terbagi dalam himpunan individu-individu yang hidup berbarengan dalam satu tempat. Himpunan dari individu-individu itu lalu mengadakan jalinan timbal balik yang cukup intensif serta teratur. Ada kelompok sosial itu mempunyai tujuan supaya ada pembagian pekerjaan, susunan, dan beberapa etika spesifik yang berlaku untuk mereka. Kelompok sosial nampak lantaran ada dorongan untuk menjaga hidup, dorongan untuk melanjutkan keterunan serta dorongan untuk tingkatkan efisiensi serta efektivitas kerja. Soerjono Soekanto menerangkan kalau mulai sejak dilahirkan manusia telah memiliki dua keinginan atau kebutuhan pokok untuk kehidupannya, yakni hasrat untuk jadi satu dengan manusia lain di sekitarnya (gregariousness), serta hasrat jadi satu dengan situasi alam sekelilingnya.

Kelompok Sosial Berdasarkan Keturunan adalah Sebuah kelompok sosial yang terbentuk atas dasar persamaan keturunan biasanya orientasinya adalah untuk menyambung tali persaudaraan, sehingga masing-masing anggotanya akan saling berkomitmen untuk tetap aktif dalam kelompok sosial ini untuk menjaga tali persaudaraan agar tidak terputus.

Suatu bentuk pengelompokkan masyarakat berdasarkan perbedaan diferensiasi sosial latar belakang kekerabatan seseorang yang terdiri atas satu nenek moyang yang dilihat melalui garis keturunan. Klen adalah suatu kelompok kekerabatan yang terdapat dalam masyarakat dengan menarik garis keturunan secara unilateral, yaitu melalui garis dari pihak ibu (matrilineal) saja, atau dari pihak bapak (patrilineal) saja. Dalam keterkaitan dengan perkawinan, klen bersifat eksogami, artiya anggota-anggota dari satu klen tidak boleh kawin-mengawini di dalam klen itu sendiri. Jadi, harus mencari jodoh ke klen lain.

Common Ancestry (Faktor darah dan keturunan yang sama) – Kesatuan genealogis kelompok sosial berdasarkan keturunan
Kesatuan genealogis merupakan kelompok-kelompok sosial yang terbentuk atas dasar persamaan darah dan keturunan. Diawali dari terbentuknya keluarga batih kemudian berkembang menjadi keluarga besar hingga pada akhirnya berkembang menjadi kerabat. Melalui proses yang sangat panjang kerabat-kerabat ini akan membentuk kelompok-kelompok suku bangsa dalam kuantitas yang kecil, menengah hingga kelompok suku bangsa yang besar.

Contoh Kelompok Sosial Berdasarkan Keturunan
kelompok keturunan Arab
kelompok keturunan Cina

loading...


Pencarian Contoh Kelompok Sosial Berdasarkan Keturunan

sda menurut kbbi, cnth aturan2 sosial, jelaskan 2 peta berdasarkan isinya, macam-macam peta menurut isinya, manajemen berdasarkan kemungkinan, macam macam laporan berdasarkan waktu, kelomppk masyarakat adat, jenis jenis tari berdasarkan koreografi beserta contohnya, contoh kerjasama kontra dan kerja sama langsung di dalam sosiologi, arti bahasa orang jombang kel kel kel