Ciri Ciri Fisik, Sifat, Karakter, dan Kebiasaan Orang Maluku

Salah satu kebiasaan orang maluku memiliki senyuman yang dapat meluluhkan hati, berikut ini beberapa kebiasaan menarik lainnya yang dapat dilihat dari karakter mereka. Maluku adalah sebuah provinsi dengan Ibu kota Ambon yang sebagian besar memiliki 2 agama utama yaitu agama Islam 50,61 % dan agama Kristen (Protestan maupun Katolik) 48,4 %.

Sifat dan karakter orang maluku terkenal sangat pemberani dan tidak peduli sendirian maupun gerombolan, mereka akan melawan sampai mati asalkan mereka tidak bersalah, salah ciri fisik orang ambon pada umumnya adalah memiliki kulit gelap.

Ciri Ciri Fisik Orang Maluku

Kebanyan kegiatan utama bagi kaum pria beraktivitas di laut seperti berlayar dan berenang, hal ini dikarenakan mereka adalah suku kepulauan. Jadi beberapa ciri ciri fisik orang maluku mereka adalah

  • Pada umumnya memiliki kulit gelap
  • Kebanyakan mempunyai rambut ikal
  • Memiliki tubuh dengan kerangka tulang besar dan kuat
  • Profil tubuh yang lebih atletis dibanding dengan suku-suku lain di Indonesia

 

Kebiasaan Orang Maluku, Sifat dan karakter

1. Senyumannya Meluluhkan Hati

Salah satu kebiasaan yang sekaligus menjadi ciri khas orang Maluku adalah mereka sungguh murah senyum, Meskipun tampang mereka dianggap sangar. Senyuman mereka sungguh manis dan tulus.

2. Gemar Melontarkan Kata-Kata Humor

Salah satu kebiasaan orang maluku yaitu mudah sekali membuat orang lain tertawa karena mereka gemar melucu. Apalagi soal cerita mob, dijamin orang yang mendengarkan mereka akan kembali fresh. Tidak ada satupun orang Maluku yang melewatkan hari mereka tanpa tertawa. Mereka akan mudah tertawa meskipun hal yang didengar/ dilihatnya kurang jenaka.

3. Berbicara denhan Suara Nyaring Banget

Saat orang Maluku yang sedang mengobrol atau berkomunikasi, suara mereka sungguh lantang dan bahkan cenderung seperti sedang berteriak-teriak. Padahal, mereka hanya mengobrol biasa, alias sedang tidak berteriak-teriak.

Suara mereka memang lantang sehingga sering disamakan dengan volume orang yang sedang marah. Padahal, tidak sedikitpun mengandung amarah.

4. Mudah dan Terlalu Sayang dengan Orang Lain

Salah satu kepribadian orang ambon memiliki idealisme tinggi, terlebih soal kasih sayang dan kekeluargaan. Meski berbeda daerah, mereka cenderung mudah dan akan terlalu sayang kepada orang lain yang dianggapnya dekat, baik dalam hubungan pertemanan, ‘persaudaraan’, ataupun hubungan percintaan.

5. Badan Orang Maluku Itu Atletis

Pada umumnya ciri ciri fisik orang maluku memiliki rambut ikal, kulit yang gelap, kerangka tulang besar dan kuat, serta memiliki postur tubuh yang tegap dan atletis, bila dibandingkan dengan suku-suku lainnya di Indonesia.

Ciri fisik orang ambon mungkin karena mereka berasal dari kepulauan dimana aktivitas fisik berlayar dan berenang menjadi kegiatan utama kaum pria disana, selain itu, Maluku juga merupakan provinsi yang luas lautannya lebih tinggi daripada daratan.

6. Tak Kenal Takut

Kebiasaan orang maluku terkenal berani baik saat sendiri apalagi ketika bergerombol, ketika mereka merasa diri mereka berada di jalur yang benar, mereka akan memperjuangkan kebenaran itu, walaupun mungkin nyawa taruhannya.

7. Sikap Solidaritas Tinggi

Kepribadian orang ambon atau Maluku memiliki rasa solidaritas tinggi terhadap sesama orang Maluku. Mereka akan membantu rekan, sahabat, teman, atau saudara sesama orang Maluku yang sedang mengalami kesusahan. Inilah salah satu keuntungan berteman dengan orang Maluku.

8. Senang bernyanyi

Entah kebetulan atau apa, setiap saya berteman dengan orang maluku pasti mereka memiliki suara yang bagus dan jago dalam bernyanyi.

Orang timur suaranya memang bagus-bagus, dan saya percaya itu, hanya saja kadang bakat seni mereka tidak dibarengi dengan teknik sehingga jarang muncul di berbagai lomba pencarian bakat di tanah air.

9. Menahan Marah

Setelah diamati dengan seksama, orang Maluku kerap memberikan ultimatum sebanyak 2x kepada orang yang dianggap salah sebelum melampiaskan amarah. Hal ini berlaku untuk semua kalangan usia, baik kalangan orang tua terhadap orang yang lebih muda, maupun sesama kalangan anak muda.

Ketika ada seseorang melakukan kesalahan terhadap orang Maluku, mereka akan mudah memaafkan, atau hanya merespon

” Oh, tidak apa-apa, tidak masalah atau jangan diulangi lagi ya.”

Namun jika kesalahan terulang kembali, mereka akan mengingatkan si pembuat kesalahan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dan, apabila kesalahan terulang hingga ketiga kalinya, bisa saja akan terjadi suatu keributan.

10. Suka Memasak

Entah anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua, hampir semua orang Maluku jago dan hobi memasak. Memang tidak banyak orang yang tahu bahwa sebagian besar orang Maluku hobi dan jago memasak.

Bagi mereka, memasak itu bukan tradisi, melainkan keahlian yang istimewa dan wajib dimiliki mereka. Jika ada orang Maluku yang tidak pandai memasak, ia akan mendapat ‘pujian’ dari sesama orang Maluku. Nah, khusus perempuan asli Maluku.

Mereka harus bisa memasak dengan baik karena salah satu ujian untuk menjadi salah satu persyaratan menjadi istri atau menantu yang ideal yaitu dari kelihaiannya dalam memasak. Keahlian memasak yang baik akan menjadi nilai plus tersendiri bagi perempuan asli Maluku. Menariknya lagi, calon suami atau calon mertua tak segan untuk menantang adu skill memasak.


Pencarian Ciri Ciri Fisik, Sifat, Karakter, dan Kebiasaan Orang Maluku

kebiasaan masyarakat maluki, ciri-ciri wawacan, ciri ciri wawacan bahasa sunda, ciri-ciri vokal group, ciri- ciri poster, pengertian ciri ciri melanesoid, ciri ciri pengumuman, ciri fisik non fisik kota, ciri ciri tapir, apakah tarif atau definisi fiil itu
loading...

Ciri Ciri Fisik, Sifat, Karakter, dan Kebiasaan Orang Maluku | myusername | 4.5