Amalgamasi Dan Pengaruhnya Dalam Bidang Sosial

Pengertian Amalgamasi Dan Pengaruhnya Dalam Bidang Sosial

  • Apa yang dimaksud dengan amalgamasi ?
  • Apa arti kata amalgamasi ? Apa itu amalgamasi ?
  • Apa pengertian amalgamasi dan contohnya ?
  • Apa dampak positif dan negatif amalgamasi ?
  • Pengertian Amalgamasi Menurut Para Ahli

Arti amalgamasi adalah :

Pengertian amalgamasi adalah suatu proses peleburan / perkawinan beda ras, etnis, budaya yang menjadi satu kelompok baru. implikasi dari perbedaan ras dan etnis adalah perbedaan bahasa dan budaya. Contoh : budaya jawa dan madura. Hal ini berdampak pada pola persebaran penduduk yang tidak merata.

Pengaruhnya Dalam Bidang Sosial

Jadi berasarkan pengertian tersebut, pengaruh amalgamasi akan menyebabkan terjadinya varian bahasa baru dan jal-hal lain, dalam istilah poskolonoalisme terdapat tiga pencirian, yaitu: mimikri, atau peiruan ddalam bentuk kebiasaan, kreolisasi, perubahan bahasa, dan hibrid, yaitu perpaduan.

 

sosial yang meleburkan berbagai kelompok budaya yang ada di suatu wilayah yang sama menjadi satu kesatuan, yang pada akhirnya akan memunculkan sesuatu yang baru namun tidak meninggalkan budaya dasarnya / budaya awal yang dianut oleh masing-masing kelompok yang berbeda tersebut. Amalgamasi juga merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan berbagai pertentangan dan perselisihan yang terjadi dalam suatu kelompok masyarakat. (Dwi Narwoko & Bagong Suyanto : 2006)

Definisi amalgamasi adalah pencampuran. (Partanto & M Dahlan, Kamus ilmiah Populer : 1994)

Saat kita berstatus sebagai seorang siswa atau siswi di sekolah, kita pasti sudah pernah belajar sosiologi dan belajar tentang amalgamasi. Secara umum, pengertian amalgamasi dalam sosiologi adalah sebuah istilah yang mendeskripsikan adaya perkawinan campuran antara etnik atau ras yang berbeda. Istilah amalgamasi digunakan di Inggris pada abad ke-20 dan di Amerika Serikat berlaku pada tahun 1863 dengan sebutan lain yaitu perkawinan antara suku dan bangsa. Perkawinan ini terjadi dengan maksud adanya pembiakan antara etnis kulit hitam dan etnis kulit putih terutama pada kaum Afrika dan Amerika.

Penggabungan istilah-istilah tersebut berasal dari sebuah kata “metalurgi” yang berkaitan dengan metafora dan melting pot. Metalurgi sendiri berasal dari Amerika Serikat dan menggambarkan adanya asimilasi perkawinan.

Pada zaman dahulu, terdapat pembagian kubu antara orang kulit hitam dan kulit putih. Dimana dalam pergaulannya, mereka juga bergaul hanya pada suku bangsa yang sejenis saja dan tidak mau membaur. Istilahnya ada pengkotak-kotakan dan dinding yag membatasi pergaulan diantara keduanya. Parahnya lagi pada tahun 1967, dikeluarkan Undang-Undang (UU) tentang larangan perkawinan antar ras (suku dan bangsa) di Amerika pada negara bagiannya.

Larangan perkawinan antar ras tersebut sama seperti kasus berikut dimana pada zaman dulu seorang pangeran hanya akan dinikahkan dengan seorang putri dari kerajaan tertentu atau dengan seorang gadis yang memiliki status sosial yang berimbang. Hal ini dilakukan tak lain dengan tujuan agar hubungan diantara kerajaan tersebut dapat terjalin dengan baik dan dapat semakin melekatkan antara yang satu dengan yang lainnya.

Namun keduanya tidak lagi terjadi pada zaman sekarang. Perkawinan secara amalgamasi membawa dampak yang positif bagi kehidupan. Dapat kita lihat dari banyaknya orang kulit hitam yang bertempat tinggal di Amerika yang notabene sebagai tempat tinggal ras kulit putih. Dimana dalam kehidupan sehari-hari, mereka saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

Kita juga dapat lihat dari kancah industri hiburan di luar negeri, yang mana kini sudah banyak artis dan penyanyi baru bermunculan yang berstatus sebagai “orang kulit hitam”. Saat ini diyakini bahwa perbedaan warna kulit bukan lagi menjadi penghalang dalam pergaulan dan tembok pembatas dalam meraih kesuksesan di Amerika.

Salah satu dampak negatif amalgamasi adalah pudarnya nilai-nilai kultur budaya asli (seperti adat istiadat, agama, dsb) yang akan diterima oleh keturunan-keturunannya. Selain itu, dominasi suatu budaya oleh pelaku amalgamasi juga akan memunculkan konflik.


Pencarian Amalgamasi Dan Pengaruhnya Dalam Bidang Sosial

loading...

Amalgamasi Dan Pengaruhnya Dalam Bidang Sosial | myusername | 4.5